Salah satu cara menghubungkan LCD dengan PLCmikro adalah dengan menggunakan LCD Serial.
Apa itu LCD serial? LCD Serial adalah LCD yang dapat menampilkan data yang diterimanya, di mana data tersebut dikirimkan melalui komunikasi serial.
Mengapa menggunakan LCD Serial? Karena LDmicro telah menyediakan instruksi untuk komunikasi serial yang mudah penggunaannya, yaitu Insert Formatted String Over UART (untuk data terformat) dan Insert UART Send (untuk data byte).
Berikut langkah-langkah penambahan LCD pada PLCmikro untuk menampilkan data angka yang bertambah setiap detiknya:
1. Buat LCD serial
LCD Serial ini dapat dibuat sendiri dengan mudah. Gunakan Arduino Severino (mikrokontroler ATmega8) dan LCD biasa 16x2. Program Arduino Severino tersebut dengan program SerialDisplay, yang merupakan contoh program pada software Arduino.
Download software Arduino di sini: http://arduino.cc/en/Main/Software. Setelah itu, ekstraks di komputer, dan jalankan software tersebut. Pilih menu File >> Examples >> LiquidCrystal >> SerialDisplay.
Tekan tombol Upload untuk memprogramnya. Namun sebelumnya, pastikan bahwa pilihan jenis Arduino (Board, di menu Tools) adalah Arduino NG or older w/ ATmega8 apabila menggunakan Arduino Severino. Dan juga pilih saluran port Arduino yang sedang digunakan (di menu Tools >> Serial port). Setelah semua dipilih, baru tekan tombol Upload, tunggu hingga muncul pesan Done Uploading, maka pemrograman selesai.
Setelah itu buat rangkaian untuk LCD serial seperti gambar berikut ini:
2. Buat Program komunikasi serial di LDmicro
Atur UART baud rate komunikasi serial untuk program di atas sebesar 9600 (yaitu di menu Settings >> MCU parameters di software LDmicro). Setelah itu Compile program di atas sehingga menghasilkan file Hex, yang siap ditanamkan ke memori mikrokontroler. Gunakan software TinyBld untuk menanamkannya ke PIC16F877, atau software ARP Uploader untuk ATmega8.
3. Hubungkan PLCmikro dengan LCD Serial
Hanya dibutuhkan 3 buah kabel untuk penghubungan ini, yaitu kabel 5V, kabel Ground dan kabel data. Kabel data ini untuk PLCmikro PIC16F877, ada di kaki 25 (TX), sedangkan untuk PLCmikro ATmega8, ada di kaki 3 (TX). Sedangkan di LCD serial, kaki data ini dihubungkan dengan kaki no.2 (RX) AT mega8/ATmega328.
# Pengecatan Otomatis
Diambil dari contoh soal lomba PLC Teknik Fisika ITB 2010 (http://lombaplc.tf.itb.ac.id/?p=27). Sistem Pengecatan Otomatis bekerja menyemprotkan dua warna dasar ke sebuah objek untuk mendapatkan suatu campuran warna tertentu. Sistem tersebut bekerja sebagai berikut:
- Ketika tombol START ditekan maka LAMPU INDIKATOR menyala dan MOTOR CONVEYOR pembawa objek berjalan.
- Ketika sensor LS1 ON atau mendeteksi objek, MOTOR CONVEYOR langsung OFF (LS1 di ON-kan kemudian di OFF-kan lagi, tetapi MOTOR CONVEYOR Berhenti) dan sistem langsung menyemprotkan warna HIJAU 2 kali. Lama setiap penyemprotan warna hijau ini adalah 2 dan 3 detik, dengan selang waktu antara penyemprotan pertama dan kedua adalah 2 detik
- Setelah warna HIJAU di semprotkan 2 kali maka penyemprot warna merah langsung bekerja dan menyemprotkan warna MERAH 2 kali. Lama setiap penyemprotan warna merah ini adalah 3 detik dengan selang waktu penyemprotan pertama dan kedua adalah 1 detik
- Setelah warna terakhir selesai disemprotkan maka langkah selanjutnya MOTOR CONVEYOR langsung ON lagi. Sampai sensor LS2 mendeteksi, MOTOR CONVEYOR berhenti. Begitu LS2 OFF, MOTOR CONVEYOR bergerak lagi sampai LS1 ON lagi.
- Jika tombol STOP di tekan, sistem pengecatan masih terus berlangsung, pengecatan tidak boleh langsung berhenti, Sistem hanya boleh mati setelah LS2 ON.
Buat program diagram tangga untuk sistem ini dan simulasikan program tersebut secara software menggunakan simulator LDmicro dan secara hardware menggunakan PLCmikro.
# Lampu Dekorasi
6 buah lampu dekorasi, yaitu Y1, Y2, Y3, Y4, Y5 dan Y6 memiliki urutan penyalaan sebagai berikut
- Lampu Y1, Y3, Y5 akan menyala 1 detik lalu padam.
- Lampu Y2, Y4, Y6 akan menyala 1 detik lalu padam.
- Urutan 1 dan 2 di atas berulang sebanyak 5 kali.
- Lampu Y1 menyala 3 detik kemudian padam.
- Lampu Y2 menyala 2 detik kemudian padam.
- Lampu Y3 menyala 1 detik kemudian padam.
- Lampu Y4 menyala 3 detik kemudian padam.
- Lampu Y5 menyala 2 detik kemudian padam.
- Lampu Y6 menyala 1 detik kemudian padam.
- Semua lampu padam selama 1 detik.
# Lampu Lalu Lintas
Buat program diagram tangga untuk mensimulasikan kontrol urutan pada lampu lalu lintas. Ketiga lampu, yaitu lampu merah, lampu kuning, dan lampu hijau harus menyala secara bergantian terus-menerus dengan aturan: lampu merah menyala selama 6 detik, lampu kuning menyala selama 2 detik, dan lampu hijau menyala selama 4 detik. Juga simulasikan program tersebut secara software menggunakan simulator LDmicro dan secara hardware menggunakan PLCmikro.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar